Rabu, 04 April 2012

Apa itu Komputer Grafik ??

Teman - teman khususnya pecinta desain grafis pastinya sudah tidak asing lagi dengan kata ""Grafik Komputer" atau Komputer Grafis. Dalam tulisan saya kali ini, saya akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu Komputer Grafik.


Pada dasarnya Komputer Grafik adalah suatu bidang yang mempelajari cara - cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan komputer. Meskipun komputer merupakan benda mati dan manusia adalah benda hidup, tapi mereka butuh komunikasi agar manusia dapat menjalankan komputer sesuai dengan perintah yang diinginkannya.

Komputer Grafik merupakan bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pemanipulasian gambar (visual) secara digital. Pemanipulasian yang dimaksud adalah mulai dari membuat, menyimpan, dan mengedit gambar. 


Teman - teman yang suka bermain dengan aplikasi pengeditan gambar tentunya sudah tidak asing lagi mendengar nama aplikasi "Photoshop". Ya.. Photoshop merupakan salah satu bukti nyata penggunaan Grafik Komputer.

Zaman sekarang di mana - mana kita dapat melihat adanya penggunaan Komputer Grafik. Mengapa demikian? Karena perkembangan komputer grafik telah menjadikan komputer lebih mudah berinteraksi dan lebih baik untuk memahami dan menafsirkan berbagai jenis data. Komputer grafik sekarang ini sudah memiliki dampak yang sangat mendalam pada berbagai jenis media komunikasi bahkan pada berbagai bidang pekerjaan.


Dari berbagai sumber yang saya baca menurut saya Grafik Komputer adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang teknologi visualisasi berbasis komputer yang mampu menghasilkan gambar - gambar dengan persepsi 3D pada layar yang merupakan 2D.

Penerapan Grafik Komputer yang paling sering saya lihat digunakan adalah dalam bidang pembuatan film - film Hollywood karena dalam film - film tersebut sering kali tekhnologi Grafik Komputer sangat dibutuhkan untuk memvisualisasikan objek - objek dunia nyata menjadi objek grafis.

Teman - teman pasti sudah tidak asing lagi dengan gambar di samping ini.. Yaa.. The Avatar.. Salah satu film yang diproduksi dengan tingkat animasi yang tinggi yang tentunya tidak bisa lepas dari penerapan Komputer Grafik.

Tapi sebenarnya penerapan Grafik Komputer tidak hanya pada film saja tapi juga pada Video Game maupun pada aplikasi - aplikasi smartphone. Bahkan rumah sakit juga sudah memanfaatkan kehebatan Komputer Grafik, yakni USG - Ooppss.. Aku lupa kepanjangan USG^^



Saya tidak hanya akan menjelaskan mengenai Grafik Komputer saja tapi juga mengenai warna. Tapi untuk penjelasan mengenai warna tidak di sini... Hehehhe

Nantikan tulisan saya selanjutnya yang akan membahas mengenai warna.. ^^
See yaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar