Sabtu, 14 Juli 2012

Makna Logo Pos Indonesia

Sapa sih yang gak kenal perusahaan pengiriman bernama PT. Pos Indonesia? Perusahaan dengan warna dominan orange ini bergerak di bidang perposan dunia. Sebenarnya tidak hanya bekerja untuk pos tapi juga dalam bidang keuangan, seperti misalnya transfer uang, pembayaran tagihan air, telepon dan juga listrik.

Sebenarnya tujuan tulisan saya kali ini bukanlah untuk membahas apa itu PT. Pos Indonesia melainkan membahas makna dari logo perusahaan ini. Dari pelajaran konsep desain grafis, saya berusaha mengenali apakah makna dari beberapa logo perusahaan. Dan salah satu yang saya pilih adalah logo dari PT. Pos Indonesia.

Buat yang belum tahu seperti apa sih logo milik PT. Pos Indonesia itu..,biar saya perkenalkan terlebih dahulu..

Logo PT. Pos Indonesia

Nah.. Udah lihat kan logo PT. Pos Indonesia itu seperti apa.. Klo menurut apa yang saya lihat ada seekor burung merpati sih di situ. Ada juga sebuah bola dunia. Saya gak cuma bakal menyebutkan komponen apa saja yang ada dalam logo di atas. Tapi seperti yang sudah saya katakan tadi, saya akan mengulas makna logonya berdasarkan pemahaman saya.

Pertama, dari warna yang digunakan logo PT. Pos Indonesia ini. Tentunya semua bakal melihat warna orange yang mendominasi logo. Padahal kalo di pikir - pikir kan gak ada burung merpati warna orange.. Hahahahhaaa...

Kalau menurut saya, warna orange itu biasanya memberikan makna bersahabat dan ramah serta memberikan kesan tegas tapi juga lembut. Mungkin itulah sebabnya kenapa PT. Pos Indonesia memberikan warna orange yang dominan pada logo mereka. Mungkin harapan mereka agar PT. Pos Indonesia bisa memberikan keramahan dalam pelayanannya kepada pelanggan tapi juga tegas dalam kebijakan perusahaannya.

Kedua, gambar burung merpati. Seperti yang kita semua ketahui kalau burung merpati sudah menjadi lambang khas dalam dunia perposan. Jadi menurut saya, PT. Pos Indonesia sengaja menggunakannya agar para masyarakat mengetahui secara langsung di bidang apakah perusahaan mereka bergerak. Tapi sekadar informasi saja, seiring waktu yang semakin berkembang PT. Pos Indonesia juga mulai mengembangkan sayapnya di dunia keuangan salah satunya dalam pembayaran tagihan.

Kalau dilihat - lihat lagi, burung merpati itu dibuat seakan sedang terbang cepat. Kalau dari apa yang saya bisa tanggapi dari kesan yang diberikan ini, PT. Pos Indonesia ingin memberitahukan kalau pelayanan pos mereka bisa memberikan pelayanan yang cepat.

Ketiga, lambang bola dunia yang seakan - akan sedang dikelilingi oleh seekor burung merpati. Sepertinya PT. Pos Indonesia berharap agar jasa perusahaan mereka tidak hanya digunakan dalam bidang nasional tapi juga internasional. Dan harapan itu telah terwujud. PT. Pos Indonesia sekarang memang telah meramba dunia perposan internasional.

Terakhir, tulisan "POS INDONESIA" yang diberikan kesan bold. Mengapa bold? Sepertinya PT. Pos Indonesia ingin memberikan kesan tegas dalam identitas perusahaan maupun negara -tulisan "INDONESIA".

Dari ulasan saya sendiri yang sudah saya tuliskan di atas, sepertinya PT. Pos Indonesia sudah tepat dalam hal pemilihan logo ini. Profil PT. Pos Indonesia yang ingin disampaikannya melalui logo tersebut dapat segera dimengerti oleh masyarakat. Mereka memilih lambang - lambang yang familiar dengan masyarakat sehingga maknanya mudah dimengerti. Walaupun familiar tapi makna yang diberikan sangat bagus dan memang menunjang kemajuan perusahaan. Identitas PT. Pos Indonesia terkandung secara jelas dalam logo burung merpati tersebut.

Yupp..! Begitulah pemahaman yang bisa saya paparkan mengenai logo PT. Pos Indonesia. Semoga apa yang saya share ini bisa bermanfaat yaa.. ^^

Sabtu, 07 Juli 2012

Desain Grafis ?? Apa ya..?



Desain Grafis.. Desain Grafis.. Desain Grafis..

Kita pastinya sudah sering sekali mendengar kedua kata itu,,apalagi untuk zaman seperti sekarang. Hampir semua bidang menggunakan objek desain grafis. Apalagi untuk bagian perfilman dan periklanan. Sekarang kedua bidang tersebut bisa dibuat sangat menarik dengan adanya desain grafis.

Sebelum mulai mempelajari dan mencari tahu tentang desain grafis,,saya memiliki pengertian sendiri mengenai kata tersebut. Menurut saya,,desain grafis merupakan bidang pembelajaran desain yang lebih fokus dengan penggunaan komputer. Desain grafis bertujuan untuk menciptakan sebuah objek yang unik.

Tidak banyak sih sebenarnya yang saya ketahui dari desain grafis. Apalagi saya baru mulai mencoba dunia desain grafis karena tuntutan kuliah.. Hahahahahaa 

Tapi sekarang setelah saya mengenal desain grafis lebih dalam maka pengertian saya soal desain grafis mulai berubah. Ternyata desain grafis tidak hanya sekadar menciptakan sebuah objek. Tapi dari objek tersebut ada sebuah pesan yang disampaikan secara visual. Dan diharapkan pesan tersebut dapat sampai dengan tepat kepada orang yang melihatnya. 

Mungkin memang susah untuk menyampaikan pesan secara visual tapi justru itulah keunikan dan kelebihan dari desain grafis. Para desainer grafis harus mampu menemukan sebuah simbol atau objek untuk menyampaikan pesannya. Apalagi kalau pesan yang ingin disampaikan bukan berasal dari pikiran kita sendiri melainkan dari orang lain.

Dan satu lagi pendapatku tentang desain grafis yang juga keliru. Ternyata desain grafis tidak berfokus pada komputer melainkan komputer digunakan sebagai alat bantu.

Dalam desain grafis sendiri,,ternyata bukan hanya gambar saja yang dianggap gambar tapi teks juga dianggap sebagai gambar. Teks seperti huruf juga bisa diolah sehingga menampilkan pesan visual tertentu. Contohnya seperti gambar berikut :

Teks Asap

Mungkin sekian saja apa yang saya ketahui mengenai desain grafis. Maklum masih awam soal desain grafis. Jadi buat teman - teman pembaca sekalian yang sudah lebih mengerti.. Tolong dibagi ya ilmunyaa.. ;)