Sabtu, 07 Juli 2012

Desain Grafis ?? Apa ya..?



Desain Grafis.. Desain Grafis.. Desain Grafis..

Kita pastinya sudah sering sekali mendengar kedua kata itu,,apalagi untuk zaman seperti sekarang. Hampir semua bidang menggunakan objek desain grafis. Apalagi untuk bagian perfilman dan periklanan. Sekarang kedua bidang tersebut bisa dibuat sangat menarik dengan adanya desain grafis.

Sebelum mulai mempelajari dan mencari tahu tentang desain grafis,,saya memiliki pengertian sendiri mengenai kata tersebut. Menurut saya,,desain grafis merupakan bidang pembelajaran desain yang lebih fokus dengan penggunaan komputer. Desain grafis bertujuan untuk menciptakan sebuah objek yang unik.

Tidak banyak sih sebenarnya yang saya ketahui dari desain grafis. Apalagi saya baru mulai mencoba dunia desain grafis karena tuntutan kuliah.. Hahahahahaa 

Tapi sekarang setelah saya mengenal desain grafis lebih dalam maka pengertian saya soal desain grafis mulai berubah. Ternyata desain grafis tidak hanya sekadar menciptakan sebuah objek. Tapi dari objek tersebut ada sebuah pesan yang disampaikan secara visual. Dan diharapkan pesan tersebut dapat sampai dengan tepat kepada orang yang melihatnya. 

Mungkin memang susah untuk menyampaikan pesan secara visual tapi justru itulah keunikan dan kelebihan dari desain grafis. Para desainer grafis harus mampu menemukan sebuah simbol atau objek untuk menyampaikan pesannya. Apalagi kalau pesan yang ingin disampaikan bukan berasal dari pikiran kita sendiri melainkan dari orang lain.

Dan satu lagi pendapatku tentang desain grafis yang juga keliru. Ternyata desain grafis tidak berfokus pada komputer melainkan komputer digunakan sebagai alat bantu.

Dalam desain grafis sendiri,,ternyata bukan hanya gambar saja yang dianggap gambar tapi teks juga dianggap sebagai gambar. Teks seperti huruf juga bisa diolah sehingga menampilkan pesan visual tertentu. Contohnya seperti gambar berikut :

Teks Asap

Mungkin sekian saja apa yang saya ketahui mengenai desain grafis. Maklum masih awam soal desain grafis. Jadi buat teman - teman pembaca sekalian yang sudah lebih mengerti.. Tolong dibagi ya ilmunyaa.. ;)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar