Rabu, 04 April 2012

WarNaaa..


Seperti yang saya janjikan pada tulisan saya sebelumnya, kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan sederhana yang saya pahami dari Mata Kuliah "Pengantar Aplikasi Grafis"-ku yakni tentang Warna.

Kita yang beruntung diberikan mata yang berfungsi dengan baik tentunya sangat mengenal seperti apa warna itu? Warna - warna yang kita lihat pada benda - benda disekeliling kita sehari - hari ternyata tidak datang begitu saja ke mata kita. Dan warna tidak begitu saja tercipta.

Untuk lebih jelasnya, persilakan saya untuk menjelaskannya.. ^^

Warna merupakan gelombang elektromagnetik yang berasal dari cahaya, menuju ke mata kita kemudian diterjemahkan sebagai warna. Setiap benda memiliki pigmen warna tersendiri dimana permukaannya menyerap seluruh warna yang ada kecuali warna yang akan dipantulkannya. Warna yang dipantulkannya itulah yang akan tertangkap oleh mata kita.

Dalam Mata Kuliah "Pengantar Aplikasi Grafis" yang saya pelajari, terdapat dua jenis warna yakni :
  1. Warna Additive, dimana warna ini merupakan warna yang berasal dari sumber cahaya. Warna - warna yang tergolong Warna Additive adalah sistem pewarnaan RGB (Red, Green, Blue).
  2. Warna Subtractive, dimana warna ini merupakan warna yang dipantulkan oleh permukaan benda tertentu yang dilihat oleh mata kita. Sistem warna CMY merupakan Warna Subtractive.
Contoh Warna Additive

Oh ya.. Tadi saya sudah bilang bukan kalo warna berasal dari gelombang elektromagnetik. Sedikit menyinggung tentang gelombang elektromagnetik. Gelombang ini ternyata dapat merambat tanpa medium dan dia selalu ada di sekitar kita. Hanya saja beberapa dari mereka tidak dapat tertangkap oleh mata. Hanya sebagian kecil dari gelombang tersebut yang bisa kita lihat, itupun dengan bantuan cahaya dan sebuah benda sebagai perantaranya. Dan gelombang itulah yang kita kenal sebagai warna.

Tidak bisa ku bayangkan klo semua jenis gelombang elektromagnetik bisa tertangkap oleh mata kita. Mungkin akan banyak gelombang - gelombang yang melintas di depan kita. Bayangkan saja klo gelombang yang biasa dipakai oleh microwave bisa kita lihat bahkan mungkin disentuh... Iiiiii..!! Mungkin kita semua sudah terpanggang gosong karenanya.. Hhahaahhah

Bisa melihat segala jenis gelombang elektromagnetik bukanlah ide baguss.. Bukaannn....

Sebagai anak tekhnik,,tentunya kita tahu kalau gelombang elektromagnetik memiliki beberapa karakter yang bisa kita ukur yaitu panjang gelombang/wavelenght, frekuensi, amplitudo, dan kecepatan. Karena saya tidak membahas mengenai gelombang elektromagnetik melainkan tentang warna maka saya tidak akan membahas lebih lanjut lagi mengenai gelombang elektromagnetik.. Heheheheh

Mungkin penjelasan yang saya berikan dapat kalian temukan dari sumber lainnya dan merupakan pengetahuan umum yang tidak bisa dibandingkan dengan pengetahuan teman - teman semuanya. Tapi berhubung saya merupakan pemula dalam dunia grafis, pengetahuan ini sudah cukup bermanfaat bagi saya.

Dan saya harapkan semoga pengetahuan mengenai warna ini juga dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi teman - teman yang belum mengenal asal datangnya warna itu seperti apa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar